Yanto Basna berkarier ke Liga Thailand

Rudolf Yanto Basna adalah pesepak bola asli Papua yang kini tengah merajut karirnya bersama klub Liga 2 Thailand, Khonkaen FC.

Ia memilih berkarir di negeri Gajah Putih tersebut lantaran menilai kompetisi disana jauh lebih bagus. Eks Persib Bandung ini mengungkapkan, kompetisi dan kultur sepak bola di Thailand memiliki level yang berbeda ketimbang di Indonesia.

“Saya lebih pilih berkarir di Thailand karena levelnya berbeda. Dan saya ke sana untuk berkembang,” ungkap Yanto Basna. Ia menuturkan, keputusannya tersebut juga dikarenakan keinginan untuk membawa harum nama daerah asalnya, Papua di level Asia, agar bisa menyuntik motivasi bagi para pemain muda Papua lainnya.

“Saya memilih main di luar karena untuk Papua juga. Jadi saya berharap, pemain-pemain muda Papua nantinya bisa juga bermain di luar negeri,” terangnya.

Pemain yang pernah memperkuat tim nasional Indonesia ini menambahkan, sudah saatnya sepak bola Indonesia belajar dari apa yang telah dilakukan oleh federasi sepak bola Thailand dalam mengembangkan dan memajukan persepakbolaan, mulai dari pemain, klub hingga fasilitasnya.

“Indonesia harus banyak belajar dari Thailand, karena mereka terlihat lebih profesional dan levelnya memang berbeda sekali,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*