Pelatih PSIS Anggap Tim Papan Bawah Bisa Beri Kejutan

PSIS Semarang masih berada di urutan 17 klasemen sementara Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Meski begitu, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut tidak patah semangat.

Pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese, yakin timnya mampu memperbaiki posisi di klasemen. Dia melihat kompetisi Liga 1 2018 sangat ketat. Menurutnya, jarak antara pemuncak klasemen dengan tim terbawah tak terlalu jauh, yaitu 11 poin.

“Secara statistik, pengamatan saya tim papan bawah masih bisa punya peluang naik ke atas. Dengan beberapa kali memetik kemenangan, lompatan di klasemen akan cukup cepat,” kata pelatih berdarah Italia itu.

Annese tidak hanya berbicara tentang peluang PSIS untuk keluar dari zona degradasi, namun juga beberapa klub lainnya seperti Arema FC atau PS TIRA.

“Saya juga melihat tim papan atas punya catatan kebobolan yang banyak. Artinya, semua tim berpeluang untuk menang atau kalah,” tegas pelatih 33 tahun tersebut.

“Berbeda dengan di Italia misalnya. Juventus adalah tim yang paling sedikit kebobolan, dan mereka berhasil jadi juara. Tetapi, di Indonesia tidak bisa begitu. Semua masih punya peluang,” paparnya

Sebagai perbandingan, Barito Putera yang kini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 memiliki angka 20. Mereka mencetak 20 gol dan kemasukan 16 gol.

Sementara itu, PSIS bisa mencetak 14 gol, sedangkan Arema yang saat ini ada di dasar klasemen bisa mencetak 16 gol. “Jadi, saya menilai semua masih bisa terjadi. Tim papan bawah bisa mengejutkan dan naik ke atas,” tegasnya.

Annese juga tidak silau dengan materi tim lain yang dihuni banyak bintang. Kendati PSIS berstatus sebagai tim promosi dan mayoritas pemain dari Liga 2, dia tidak gentar.

PSIS Semarang terbukti bisa mempermalukan Mitra Kukar yang komposisi pemainnya lebih berpengalaman dengan skor mencolok 4-0. “Saya memang pelatih baru di Liga 1. Namun, saya terus pelajari karakter kompetisi di Indonesia,” lanjut Annese.

“Saya menilai ini sangat ketat dan menarik. Jadi kami tidak akan terpuruk saat berada di bawah, karena peluang naik ke papan tengah atau atas masih sangat terbuka,” imbuhnya.

Pada laga pekan ke-12 Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak, PSIS Semarang akan menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Jumat (1/6/2018) malam WIB.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*